10 KESALAHAN SEO YANG WAJIB DIHINDARI

Ditulis oleh: -
Bunga Blog kali ini akan sedikit membahas perihal 10 kesalahan SEO yang wajib dihindari oleh setiap webmaster atau pemilik blog. 10 kesalahan SEO yang wajib dihindari ini akan dibahas secara umum dan sederhana, sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki (karena saya bukan pakar SEO dan belajar SEO hanya dari usaha-usaha mengelola beberapa blog amatiran).

SEO seringkali menjadi acuan utama seorang blogger demi memperoleh posisi yang bagus di SERP dan traffic yang besar. Sudah banyak sekali situs yang membahas tentang tips & trik SEO, dan tentunya teman- teman bisa dengan mudah dengan mencarinya di Google atau pun di Tutorial Blog Pemula. Nah, kali ini saya akan berbagi artikel tentang 10 Kesalahan Besar SEO yang harus Dihindari. 10 Kesalahan Besar SEO yang harus Dihindari ini merupakan artikel asli dari Lindsay, yang merupakan penulis untuk SEOmoz ( maaf, linknya mati, karena saya juga di share dari seorang teman ).

Selamat menyimak!

1.  Keyword yang tidak baik dan tidak tepat sasaran
Keyword atau kata kunci sering menentukan dalam SEO, karena visitor atau pengunjung menemukan blog kita berdasarkan kata kunci yang mereka ketik di Search Engine. Pastikan Anda memilih keyword yang benar dan baik, misalnya jika blog Anda seputar  SEO, maka keyword “Tips SEO” atau “Tutorial SEO” adalah keyword yang jauh lebih baik daripada menuliskan “yang berhubungan dengan SEO”.

2.  Mengabaikan Title Tag-Head
Pada beberapa template blog standar-blogger hanya memiliki meta-tag head sederhana dan dirasakan sangat kurang mendukung keberadaan blog untuk dapat bersaing dengan blog-blog lain dalam upaya meraih posisi strategis hasil pencarian oleh mesin-mesin pencari semacam Goggle search engine. Untuk itu title Meta-tag Head ini perlu sedikit dimodifikasi agar membuat template blog menjadi lebih SEO friendly.

3.  Blog/ Website tanpa Sebuah Alternatif HTML
Situs yang berbasis flash, meskipun terlihat menarik dan kreatif, ternyata tidak cukup bersahabat dengan mesin pencari dan pengguna. Jika Anda benar-benar menginginkan bahwa situs Anda berbasis, sediakanlah alternatif versi html agar sedikit bersahabat dengan search engine. Meski demikian, pada dasarnya search engine tidak menyukai situs flash dan cenderung tidak mengenalnya karena robot search engine tidak bisa membaca konten flash sehingga situs flash akan sangat sulit untuk di indeks.

4.  Menu JavaScript
Penggunaan menu java script untuk navigasi harus diimbangi dengan membangun sebuah sitemap atau menempatkan link non script tag sehingga semua link dapat terindex dengan lebih mudah oleh search engine. Pada dasarnya, search engine tidak dapat membaca java script dengan mudah.

5.  Tidak Konsisten dan Tidak Up Date
Banyak yang berpendapat bahwa rajin posting hanya perlu dilakukan untuk blog baru, sedangkan blog lama tidak perlua terlalu up date. Faktanya ini sangat salah! Kita perlu mengoptimasi situs kita secara permanen agar search engine menyukai situs kita. Faktanya search engine tidak menyukai blog yang tidak terurus, seperti jarang sekali up date postingan.

6.  Terlalu Berlebihan pada Meta Tag
Meta Tag memang memiliki posisi yang cukup penting untuk SEO sehingga merupakan hal yang wajar jika setiap blogger selalu berusaha memperhatikan meta tag ini. Meski demikian hindari attitude berlebihan pada meta tag yang berakibat terjadinya pengulangan keyword dan meta deskripsi yang berulang- ulang dan menumpuk.

7.  Hanya menggunakan Images pada Header
Sebuah gambar pada heading dan menu memang membuat blog kita terlihat menawan dan menarik. Tapi faktanya, dalam kaitannya dengan SEO, pemakaian gambar untuk heading dan menu adalah sebuah kesalahan besar karena tag menu h1, h2 dan link sangat penting untuk SEO dan tidak dapat digantikan dengan mudahnya oleh sebuah gambar.

8.  URL dalam Postingan
Beberapa orang masih meremehkan betapa pentingnya URL yang baik. Postingan yang baik sebaiknya memuat kata kunci dalam bentuk URL atau live link. Secara tidak langsung hal ini sangat penting dalam upaya untuk memberi nilai plus bagi keberadaan sebuah blog.

9.  Backlink Spamming
Perlu kiranya untuk selalu diingat, yang kita perlukan bukan banyaknya backlink, melainkan backlink yang baik dan berkualitas. Backlink yang baik dan berkualitas ini gampang-gampang susah untuk mendapatkannya, dan biasanya ditempuh dengan cara tukar-menukar link blog (link exchange)

10. Kurang Kata Kunci dalam Konten
Kata kunci adalah salah satu faktor penting yang membuat postingan Anda dilirik oleh search engine. Pengulangan keyword yang baik dan teratur (dalam suatu postingan blog) akan sangat berpengaruh terhadap keberadaan blog serta berdampak positif juga terhadap SEO blog yang kita miliki.
Demikianlah sedikit uraian tentang 10 kesalahan SEO yang wajib dihindari, semoga bermanfaat.

Sumber tulisan : http://blogpemula-tutorial.blogspot.com/2012/02/10-kesalahan-seo-yang-harus-dihindari.html

0 komentar "10 KESALAHAN SEO YANG WAJIB DIHINDARI", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar